Minggu, 11 Maret 2012

Pendapat Kebudayaan Bab 1

PENDAPAT SAYA

       Saya, berpendapat bahwa kebudayaan itu dimana setiap manusia memiliki suatu hakikat pada kebudayaan. Misalnya : dari alat-alat yang paling sederhana seperti aksesoris perhiasan tangan, leher dan telinga, alat rumah tangga, pakaian, system computer, non materil adalah unsur-unsur yang dimaksudkan dalam konsep norma-norma, nilai-nilai, kepercayaan / keyakinan serta bahasa. Jadi kebudayaan sering mengartikan norma sebagai tingkah laku rata-rata, tingkah laku khusus atau yang selalu dilakukan berulang – ulang. Terkadang Kehidupan manusia selalu ditandai oleh norma sebagai aturan sosial untuk mematok perilaku manusia yang berkaitan dengan kebaikan bertingkah laku, tingkah laku rata-rata atau tingkah laku yang diabstaksikan. Oleh karena itu dalam setiap kebudayaan dikenal norma-norma yang ideal dan norma-norma yang kurang ideal atau norma rata-rata. Norma ideal sangat penting untuk menjelaskan dan memahami tingkah laku tertentu manusia, dan ide tentang norma-norma tersebut sangat mempengaruhi sebagian besar perilaku sosial termasuk perlaku komunikasi manusia.
Nilai adalah konsep-konsep abstrak yang dimiliki oleh setiap individu tentang apa yang dianggap baik atau buruk, benar atau salah, patut atau tidak patut. Unsur penting  selanjutnya kebudayaan berikutnya adalah kepercayaan / keyakinan yang merupakan konsep manusia tentang segala sesuatu di sekelilingnya. Jadi kepercayaan / keyakinan itu menyangkut gagasan manusa tentang individu, orang lain, serta semua aspek yang berkaitan dengan biologi, fisik, sosial, dan dunia supernatural. Unsure penting kebudayaan adalah bahasa, yakni system kodifikasi kode dan symbol baik verbal maupun non verbal, demi keperluan komunikasi manusia.
Definisi kebudayaan  seolah bergerak dari suatu kontinum nilai kepercayaan kepada perasaan dan perilaku tertentu. Perilaku tertentu, Perilaku tersebut merupakan model perilaku yang diakui dan diterima oleh pendukung kebudayaan sehingga perilaku itu mewakili norma-norma budaya. Kebudayaan juga dapat mempengaruhi dari segi infrakstruktur pembangunan, dimana kebudayaan itu sendiri sudah memiliki sebuah aspek dalam mempertahankan kebudayaan mereka sendiri dan membuat suatu perjanjian yang di kepalai oleh pemegang suatu kaum tersebut. Kebudayaan juga dapat di ambil dari kehidupan seorang anak yang lahir dari seorang ibunya. Disaat seorang anak manusia kemudian mampu berkomunikasi dengan baik kepada kedua orang tuanya , telah terbiasa dengan segala perilaku dan aturan yang diajarkan disetiap harinya (dari pagi hingga malam) menjalani proses bagaimana harus bersikap menghadapi kewajiban demi kewajiban di pagi hari / disiang hari / dan dimalam hari , maka itulah yang disebut sebagai Kebudayaan dalam sebuah keluarga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar