Kamis, 05 Januari 2012

Pengertian dan Sejarah NETSCAPE

Untuk penjelajah web yang diproduksi oleh perusahaan ini, lihat Netscape Navigator.
Netscape Communications
Industri
Didirikan
1994
Kantor pusat
Mountain View, California, United States (as an independent company)
Dulles, Virginia, USA
(after becoming a part of AOL)
Tokoh penting
Marc Andreessen and Jim Clark (founders)
10,000
Netscape Communications ( sebelumnya dikenal sebagai Netscape Communications Corporation dan umumnya dikenal sebagai Netscape) adalah sebuah perusahaan jasa komputer Amerika Serikat yang terbaik dikenal dengan web browser. Ketika perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Mountain View, California.[1]
Penjelajah web Netscape pernah mendominasi dari penjelajah web lain dalam hal penggunaan saham, namun tak lama sebagian sahamnya berpindah ke Internet Explorer selama perang penjelajah web. Pada akhir tahun 2006, pangsa penggunaan browser Netscape jatuh, dari lebih dari 90% pada pertengahan tahun 1990-an, menjadi kurang dari 1%. Netscape mengembangkan Secure Sockets Layer Protocol (SSL) untuk mengamankan komunikasi online, yang masih banyak digunakan,[2] as well as JavaScript, bahasa yang paling banyak digunakan untuk memprogram sisi klien halaman web.
Saham Netscape diperdagangkan antara tahun 1995 dan 2003, selanjutnya sebagai anak perusahaan dari AOL. Namun, itu berubah menjadi sebuah perusahaan induk termasuk pembelian AOL Netscape pada tahun 1998. Merek Netscape masih banyak digunakan oleh AOL. Beberapa layanan yang saat ini ditawarkan dengan merek Netscape, selain web browser, termasuk diskon penyelenggara jasa internet dan sebuah situs web populer yaitu social news. Pada bulan Desember 2007, AOL mengumumkan akan tidak ada lagi pembaharuan pada penjelajah web Netscape. Tom Drapeau, direktur dari Merek Netscape dari AOL , mengumumkan bahwa perusahaan akan berhenti mendukung produk-produk perangkat lunak Netscape pada 1 Maret 2008.[3] Keputusan bertemu reaksi campuran dari masyarakat, dengan banyak argumentasi bahwa penghentian dukungan produk secara signifikan telah terlambat. Situs keamanan Internet Security Watch menyatakan bahwa kecenderungan jarang update keamanan untuk AOL Netscape menyebabkan browser menjadi "kewajiban keamanan", khususnya versi 2005-2007, Netscape Browser 8.[4] Asa Dotzler, salah satu pemrogram asli dari Mozilla Firefox, menyambut berita itu dengan "pembebasan yang baik" dalam posting blog-nya, tetapi memuji beberapa anggota tim Netscape selama bertahun-tahun untuk memungkinkan penciptaan dari Mozilla pada 1998.[5] protes dan petisi lain AOL untuk terus menyediakan perbaikan keamanan penting untuk ketidaktahuan atau pengguna setia perangkat lunak, serta perlindungan terhadap merek terkenal.


SEJARAH NETSCAPE NAVIGATOR

Netscape Navigator merupakan peramban web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa peramban web berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Netscape Navigator merupakan peramban yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat kode sumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox.

Sejarah
Netscape Navigator didasarkan pada Web Browser Mosaic, yang ditulis oleh Marc Andreessen , seorang karyawan paruh waktu dari Pusat Nasional untuk Aplikasi Supercomputing dan seorang mahasiswa di University of Illinois .
Setelah lulus pada tahun 1993,Andreessen pindah ke California dan di sana bertemu Jim Clark , pendiri dari Silicon Graphics .
Clark percaya bahwa browser Mosaic memiliki kemungkinan komersial yang besar dan memberikan bibit uang.
Lalu terbentuklah Mosaic Communications Corporation yang berpusat di Mountain View , California , dengan Andreessen sebagai wakil presiden.
Sejak University of Illinois tidak senang dengan menggunakan perusahaan dari nama Musa, perusahaan ini berganti nama menjadi Netscape Communications (dipikirkan oleh perwakilan penjualan Greg Sands) dan mempunyai nama andalan web browser Netscape Navigator.

Netscape mengumumkan dalam siaran pers pertama (13 Oktober, 1994) bahwa itu akan membuat Navigator tersedia tanpa biaya untuk semua pengguna non-komersial, dan versi Beta versi 1.0 dan 1.1 memang bebas didownload pada bulan November 1994 dan Maret 1995, dan versi penuh 1.0 yang tersedia pada Desember 1994.
Karena Kebijakan awal perusahaan Netscape Navigator adalah tentang "menarik", karena ia mengklaim bahwa itu akan membuat Navigator bebas tersedia untuk non-komersial sesuai dengan gagasan bahwa perangkat lunak internet harus didistribusikan secara gratis.

Namun, dalam waktu 2 bulan setelah siaran pers itu, Netscape ternyata terbalik tentang kebijakan pada yang dengan bebas bisa mendapatkan dan menggunakan versi 1.0 , dengan menyebutkan bahwa hanya lembaga-lembaga pendidikan dan non-profit yg dapat menggunakan versi 1.0 tanpa biaya.

Pembalikan itu lengkap dengan ketersediaan versi 1.1 beta pada tanggal 6 Maret 1995, di mana siaran pers menyatakan bahwa rilis 1.1 akhir akan tersedia tanpa biaya hanya untuk penggunaan akademis dan organisasi non-profit.
Hilang sudah gagasan diungkapkan dalam siaran pers pertama yang katanya Navigator akan tersedia secara bebas dalam perangkat lunak Internet.
Beberapa ahli keamanan dan kriptografer menemukan bahwa semua versi Netscape merilis memiliki masalah keamanan utama dengan menerjang browser dengan panjang URL dan 40 bit kunci enkripsi.

Beberapa rilis pertama dari produk dibuat tersedia dalam "komersial" dan versi "evaluasi", misalnya, versi "1.0" dan versi "1.0N".
"N" versi evaluasi benar-benar identik dengan versi komersial;
surat itu ada untuk mengingatkan orang untuk membayar browser setelah mereka merasa bahwa mereka telah mencoba cukup lama dan merasa puas dengan itu.
Perbedaan ini secara resmi dijatuhkan dalam waktu satu tahun dari rilis awal, dan versi lengkap dari browser terus dibuat dan tersedia untuk online gratis, dengan versi kotak yang tersedia pada disket (dan kemudian CD) di toko-toko bersama dengan periode dukungan telepon .
Dukungan email awalnya bebas, dan tetap demikian selama satu atau dua tahun sampai volume permintaan dukungan tumbuh terlalu tinggi.

Selama pengembangan, browser Netscape dikenal dengan nama kode Mozilla , yang menjadi nama Godzilla -seperti seekor naga kartun maskot yang digunakan dengan jelas di situs web perusahaan. Nama Mozilla juga digunakan sebagai User Agent- in HTTP oleh browser.
Web browser lainnya diklaim kompatibel dengan ekstensi Netscape ke HTML, dan karena itu menggunakan nama yang sama di User-Agent mereka, sehingga pengidentifikasi web server akan mengirim mereka halaman yang sama seperti yang dikirim ke browser Netscape.
Mozilla sekarang menjadi nama generik untuk hal-hal terkait dengan open source pengganti Netscape Communicator.

MUNCULNYA NETSCAPE
Ketika konsumen internet tiba di pertengahan-ke-akhir 1990-an, Netscape berada di posisi yang baik untuk mengambil keuntungan dari itu.
Dengan campuran yang baik dari fitur dan menarik perizinan skema yang memungkinkan penggunaan gratis untuk tujuan non-komersial, browser Netscape segera menjadi standar de facto, terutama pada Windows platform.
penyedia layanan Internet dan komputer penerbit majalah membantu membuat Navigator tersedia.

Sebuah inovasi penting yang diperkenalkan Netscape pada tahun 1994 adalah layar on-the-fly dari halaman web, di mana teks dan gambar muncul di layar sebagai halaman web download.
Sebelumnya web browser tidak akan menampilkan halaman sampai semua grafis di atasnya telah dimuat melalui koneksi jaringan, ini sering membuat pengguna menatap pada sebuah halaman kosong selama beberapa menit.
Dengan Netscape, orang yang menggunakan dial-up koneksi bisa mulai membaca teks dari suatu halaman web dalam hitungan detik setelah memasukkan alamat web, bahkan sebelum sisa teks dan grafis telah selesai men-download.
Hal ini membuat web lebih ditoleransi untuk rata-rata pengguna.

Akhir 1990-an, Netscape Navigator memastikan bahwa tetap pemimpin teknis antara browser web.
Fitur baru yang penting termasuk cookie , frame , proxy yang auto-config , dan JavaScript (dalam versi 2.0).
Meskipun mereka dan inovasi lainnya akhirnya menjadi standar terbuka dari W3C dan ECMA dan ditiru oleh browser lain, mereka sering dipandang sebagai kontroversial.
Netscape, menurut kritikus, lebih tertarik pada menekuk web untuk "standar" de facto sendiri (melewati komite standar dan dengan demikian meminggirkan persaingan komersial) daripada dalam memperbaiki bug dalam produk-produknya.
Hak-hak konsumen pendukung yang sangat kritis terhadap cookies dan situs web komersial menggunakan mereka untuk menyerang privasi individu.

Di pasar, bagaimanapun, masalah ini membuat sedikit perbedaan.
Netscape Navigator tetap menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 50% pangsa pasar .
Perangkat lunak browser yang tersedia untuk berbagai sistem operasi , termasuk Windows ( 3.1 , 95 , 98 , NT ), Macintosh , Linux , OS / 2 , dan banyak versi Unix termasuk Desember , Sun Solaris , BSDI , IRIX , AIX , dan HP-UX , bekerja hampir sama pada setiap salah satu dari mereka.
Netscape mulai bereksperimen dengan prototipe dari sistem berbasis web, yang dikenal secara internal sebagai "Constellation", yang akan memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengedit file-nya mana saja di seluruh jaringan tidak peduli apa sistem operasi komputer atau ia kebetulan menggunakan.

Pengamat industri percaya diri meramalkan fajar era baru komputasi terhubung.
Yang mendasari sistem operasi , diyakini, akan menjadi pertimbangan penting;
aplikasi masa depan akan dijalankan dalam web browser.
Hal ini dilihat oleh Netscape sebagai kesempatan yang jelas untuk berkubu Navigator di jantung generasi berikutnya dari komputasi, dan dengan demikian mendapatkan kesempatan untuk memperluas ke segala macam perangkat lunak lain dan pasar layanan.

JATUHNYA NETSCAPE
Dengan keberhasilan Netscape menunjukkan pentingnya web (semakin banyak orang yang menggunakan Internet sebagian karena kemudahan menggunakan Netscape)
Microsoft kemudian melihat pasar yang menguntungkan baru mereka bisa mengambil alih.
Anti-Microsoft mengolok-olok dan berbicara dari Constellation Netscape menghilangkan sistem operasi lanjut Microsoft.
Setelah memimpin Netscape, Microsoft memulai kampanye untuk memasuki pasar browser web perangkat lunak.
Seperti Netscape sebelum mereka, Microsoft berlisensi kode sumber Mosaic dari Spyglass, Inc ( University of Illinois ).
Menggunakan kode dasar, Microsoft menciptakan Internet Explorer (IE).

Perang antara Microsoft dan Netscape mendominasi Browser.
Internet Explorer, Versi 1.0 (dikirim di Internet Jumpstart Kit di Microsoft Plus! Untuk Windows 95 )
dan IE, Versi 2.0 (lintas platform web browser pertama yang mendukung Windows dan Mac OS ) dianggap untuk menjadi rendah dan primitif bila dibandingkan dengan versi kontemporer dari Netscape Navigator.
Dengan rilis IE versi 3.0 (1996) Microsoft mampu mengejar ketinggalan dengan Netscape kompetitif,
dengan IE Versi 4.0 (1997) peningkatan lebih lanjut dalam hal pangsa pasar.
IE 5.0 (1999) peningkatan stabilitas dan mengambil pangsa pasar yang signifikan dari Netscape Navigator untuk pertama kalinya.

Ada dua versi dari Netscape Navigator 3.0;
Edisi Standar dan Edisi Emas.
Yang terakhir ini terdiri dari browser Navigator dengan e-mail, pembaca berita, dan WYSIWYG Web compositor halaman, namun fungsi-fungsi ekstra membesar dan memperlambat perangkat lunak, rendering itu rentan terhadap terjangan.

Gold Edition ini berganti nama menjadi Netscape Communicator mulai dengan versi 4,0;
perubahan nama diencerkan pengakuan nama penggunanya dan bingung.
Netscape CEO Jim Barksdale bersikeras pada perubahan nama karena Communicator adalah tujuan umum aplikasi client, yang berisi browser Navigator.

Netscape Communicator kode 4.x penuaan yang lebih lambat dari Internet Explorer 5.0 .
Halaman web yang khas telah menjadi sangat diilustrasikan, sering JavaScript -intensif, dan dikodekan dengan fitur HTML dirancang untuk tujuan tertentu tetapi sekarang digunakan sebagai alat tata letak global (tabel HTML, contoh yang paling jelas dari ini, yang terutama sulit bagi Communicator untuk membuat).
Browser Netscape,produk yang solid sekali, menjadi rawan kecelakaan, misalnya, beberapa versi ulang-download seluruh halaman web untuk kembali membuat ketika jendela browser itu kembali berukuran (gangguan bagi pengguna dial-up) , dan browser biasanya akan crash ketika halaman yang terkandung sederhana Cascading Style Sheets .
Selain itu, browser Netscape Communicator desain antarmuka muncul tanggal dibandingkan dengan Internet Explorer dan perubahan antarmuka dalam Microsoft dan sistem operasi Apple.

Pada akhir dekade, web browser Netscape kehilangan dominasi atas platform Windows.
Pada platform komputer lain, itu terancam oleh open-source browser,
dan Agustus 1997 kesepakatan Microsoft keuangan untuk menginvestasikan 150.000.000 dolar di Apple ,
membutuhkan bahwa Apple membuat Internet Explorer web default browser di Mac OS distribusi baru.
Yang terbaru IE Mac rilis pada waktu itu adalah Internet Explorer versi 3.0 untuk Macintosh, namun Internet Explorer 4 dirilis akhir tahun itu.

Microsoft berhasil memiliki ISP dan vendor PC mendistribusikan Internet Explorer untuk pelanggan mereka, bukan dari Netscape Navigator,
sebagian besar karena Microsoft menggunakan leverage dari lisensi Windows OEM, dan sebagian dibantu oleh investasi Microsoft dalam membuat IE brandable ,
seperti bahwa versi IE disesuaikan dan ditawarkan.
Juga, pengembang web menggunakan proprietary , browser ekstensi khusus di halaman web.
Baik Microsoft dan Netscape ditemukan bersalah mendukung ini, setelah menambahkan banyak tag HTML ke browser milik mereka,
yang memaksa pengguna untuk memilih antara dua web browser bersaing dan hampir tidak kompatibel.

Pada bulan Maret 1998,
Netscape merilis sebagian besar basis kode untuk Netscape Communicator di bawah lisensi open source .
Produk, Netscape 5 , digunakan open source sumbangan masyarakat, dan dikenal sebagai Mozilla asli, Netscape Navigator kode nama .
Programmer netscape memberi Mozilla GUI yang berbeda,
melepaskan sebagai Netscape 6 dan Netscape 7.
Setelah pengujian beta publik yang panjang, Mozilla 1.0 dirilis pada tanggal 5 Juni 2002.
Kode dasar yang sama-, terutama Gecko layout engine , menjadi dasar dari aplikasi independen, termasuk Firefox dan Thunderbird .

Namun, web browser ini butuh waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan hasil.
Sementara itu, America Online telah membeli Netscape, dan merilis Netscape Navigator 6 dari pra- beta bentuk-kualitas basis kode Mozilla.
Hal ini tidak melakukan apa pun untuk memenangkan kembali pengguna, yang terus bermigrasi ke Internet Explorer.
Pada tanggal 28 Desember 2007, para pengembang Netscape mengumumkan bahwa AOL telah membatalkan pengembangan Netscape Navigator, dan meninggalkannya pada 1 Maret 2008.
Meskipun demikian, versi browser yang tidak didukung tetap tersedia untuk di-download.

Rincian Sejarah Netscape

Mosaic Netscape 0.9 - 13 Oktober 1994
Netscape Navigator 1.0 - 15 Desember 1994
Netscape Navigator 1.1 - Maret 1995
Netscape Navigator 1.22 - Agustus 1995
Netscape Navigator 2.0 - Maret 1996 [13]
Netscape Navigator 2.01 - 18 Maret 1996
Netscape Navigator 2,02
Netscape Navigator 3.0 - 19 Agustus 1996
Netscape Navigator 3.01
Netscape Navigator 3.02
Netscape Navigator 3.03
Netscape Navigator 3.04 - 4 Oktober 1997 [14]
Netscape Navigator 4.0 - Juni 1997
Netscape Navigator 4.01
Netscape Navigator 4,02
Netscape Navigator 4,03
Netscape Navigator 4.04
Netscape Navigator 4,05
Netscape Navigator 4,06 - 17 Agustus 1998
Netscape Navigator 4.07
Netscape Navigator 4.08 - November 9, 1998
Netscape Navigator 4,78 -
Netscape Navigator 4,79

Dari 6 versi nama menjadi "Netscape" menjatuhkan "Navigator".

Netscape 6.00
Netscape 6.01
Netscape 6.1
Netscape 6.2
Netscape 6.2.1
Netscape 6.2.2
Netscape 6.2.3
Netscape 7.00
Netscape 7.01
Netscape 7.02
Netscape 7.1
Netscape 7.2
Netscape 8.0.2
Netscape 8.0.3.3
Netscape 8.0.4
Netscape 8.1
Netscape 8.1.2
Netscape 8.1.3

Versi 9 yang tersedia untuk Windows, Mac OS X dan Linux.

Netscape 9.0
Netscape 9.0.0.1
Netscape 9.0.0.2
Netscape 9.0.0.3
Netscape 9.0.0.4
Netscape 9.0.0.5  
Netscape 9.0.0.6 - Rilis resmi terakhir.

Sesuai pengumuman resmi: "dukungan resmi berakhir pada 1 Maret 2008"



 Nama    : Yongga Julio Firdaus
 NPM     :  27111569
 KELAS : 1KB03

LAPORAN AKHIR INTERNET DASAR


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar